Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Stabat

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Stabat

Acara Pembukaan FGD (Focused Group Discussion) Sistem Peradilan Pidana Anak Terpadu di Pengadilan Negeri Stabat

on Senin, 16 Oktober 2017. Posted in Berita/Pengumuman Publik

Stabat (12/10)

Kamis, 12 Oktober 2017, bertempat di Auditorium Berlian Pengadilan Negeri Stabat, telah diselenggarakan acara Focused Group Discussion (FGD) Sistem Peradilan Pidana Anak Terpadu yang merupakan salah satu proyek SUSTAIN EU-UNDP yang bekerja sama dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk memberikan dukungan terhadap Pengadilan Anak. Dalam hal ini, Pengadilan Negeri Stabat diminta partisipasinya dengan memberikan dukungan dan bantuan untuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan FGD tersebut dengan mengundang 30 (tiga puluh) orang aparat penegak hukum anak di wilayah Pengadilan Negeri Stabat.

Turut hadir dalam acara Pembukaan Focused Group Discussion (FGD) SPPA Terpadu yaitu Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan, Dr. Albertina Ho, S.H.,M.H., dan Sabar Tarigan Sibero, S.H.,M.H., Senior Advisor Proyek Sustain EU-UNDP Gilles Blanchi, Koordinator Sektor Pengawasan Proyek Sustain EU-UNDP Fatahillah beserta tim, Ketua Pengadilan Negeri Stabat, Kepala Kejaksaan Negeri Langkat, Wakapolres Langkat selaku Perwakilan dari Kapolres Langkat, Sekda Kab. Langkat selaku perwakilan dari Bupati Langkat,  Jaksa Muda Pidana Umum Kejaksaan Agung Republik Indonesia Erni Mustikasari, S.H.,M.H., dan Kepala Bapas Kelas 1 Jakarta Pusat Sri Zumaeriah selaku narasumber, para hakim, jaksa dan peserta FGD lainnya.

Acara pembukaan FGD SPPA terpadu diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Koordinator Sektor Pengawasan Proyek Sustain EU-UNDP Fatahillah dan dibuka secara resmi oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan Sabar Tarigan Sibero, S.H.,M.H., selaku perwakilan dari Ketua Pengadilan Tinggi Medan.

Dalam sambutannya, Gilles Blanchi selaku senior advisor proyek Sustain EU-UNDP menyampaikan bahwa pentingnya acara FGD SPPA ini dilaksanakan sebagai langkah lanjutan dalam menangani anak yang berhadapan dengan hukum setelah tahun lalu Sustain mengadakan FGD antar aparat penegak hukum yang menangani perkara anak yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat. Sustain menyadari banyak pimpinan dan personel aparat penegak hukum yang baru bertugas di wilayah Kabupaten Langkat, maka Sustain sangat mendukung agar diadakan acara FGD lanjutan untuk memperbaharui Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) wilayah Stabat yang telah dibuat tahun lalu. Beliau selaku perwakilan dari Sustain, berharap FGD kali ini bisa menghasilkan dan mengimplementasikan draft SOP dan petunjuk teknis kerja sama antar aparat penegak hukum dalam penanganan perkara Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di wilayah Kab. Langkat.

Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Medan, Sabar Tarigan Sibero, S.H.,M.H., dalam sambutannya, beliau juga menyambut dengan baik proyek Sustain ini, beliau berharap pelaksanaan FGD kali ini, para aparat penegak hukum di wilayah Kab. Langkat bisa bekerja sama dengan baik dalam penanganan perkara Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Begitu juga dengan harapan Ketua Pengadilan Negeri Stabat R. Aji Suryo, S.H., M.H., dalam sambutannya, beliau berharap agar kegiatan FGD ini bisa mempererat kerja sama antar aparat penegak hukum dalam penanganan perkara ABH di wilayah Kab. Langkat.

MAJU, SUKSES, BERMUTU