Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Stabat

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Stabat

Articles in Category: Berita

EKSPOSE MONITORING DAN EVALUASI MEDIASI PENGADILAN NEGERI STABAT OLEH POKJA MEDIASI MAHKAMAH AGUNG RI DAN SUSTAIN EU-UNDP

on Kamis, 23 November 2017. Posted in Berita

EKSPOSE MONITORING DAN EVALUASI MEDIASI PENGADILAN NEGERI STABAT  OLEH POKJA MEDIASI MAHKAMAH AGUNG RI DAN SUSTAIN EU-UNDP

Stabat (21/11)

Selasa, 21 November 2017, bertempat di Ruang Sidang Garuda Pengadilan Negeri Stabat, telah dilaksanakan Ekspose Monitoring dan Evaluasi Mediasi Pengadilan Negeri Stabat oleh Tim Pokja Alternatif Penyelesaian Sengketa /Mediasi Mahkamah Agung RI. Ekspose monitoring dan evaluasi mediasi dipimpin oleh Tim Pokja Mediasi Mahkamah Agung RI Dr. Diah  Sulastri  Dewi, S.H. ,M.H., (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Tanjung Karang) dan Muhammad  Nur,  S.Ag. (Hakim Pengadilan Agama  Cilegon), Sri Mamudji, S.H., M.LL. (Direktur Eksekutif  Indonesian Institute for Conflict Transformation) dan Ketua Pengadilan Negeri Stabat R. Aji Suryo, S.H.,MH., serta dihadiri oleh Sano,  S.H.  (Staf  Kamar  Pembinaan  Mahkamah Agung RI), anggota SUSTAIN EU-UNDP, para hakim, pejabat struktural dan fungsional, staf pegawai dan honorer.

Ekspose  monitoring dan evaluasi mediasi dilaksanakan untuk memaparkan hasil monev implementasi mediasi Pengadilan Negeri Stabat yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 20 November 2017. Ekspose monitoring dan evaluasi mediasi dipaparkan oleh Dr. Diah  Sulastri  Dewi, S.H. ,M.H. Dalam paparan beliau disampaikan tentang temuan administrasi dan ketersediaan dokumen, temuan sarana dan prasarana, temuan kebijakan, administrasi mediasi dalam SIPP dan scoring monev impelementasi mediasi Pengadilan Negeri Stabat. Berdasarkan penilaian dari Tim Pokja Alternatif Penyelesaian Sengketa /Mediasi Mahkamah Agung RI, Pengadilan Negeri Stabat memperolah Score 76% untuk total penilaian dari kategori tertib administrasi dan ketersediaan dokumen, sarana dan prasarana, kebijakan dan administrasi mediasi di SIPP. Dalam pemaparan tersebut, disampaikan juga rekomendasi-rekomendasi untuk meningkatkan kinerja implementasi mediasi di Pengadilan Negeri Stabat.

Acara ekspose monitoring dan evaluasi mediasi diakhiri dengan penandatanganan berita acara dan foto bersama. Dari penandatanganan berita acara tersebut diharapkan Pengadilan Negeri Stabat bisa memperbaiki segala temuan dengan baik dan tetap semangat sehingga bisa meningkatkan kinerja implementasi mediasi.

 

 

 

MONITORING DAN EVALUASI IMPLEMENTASI MEDIASI OLEH POKJA MEDIASI MARI DI PENGADILAN NEGERI STABAT

on Kamis, 23 November 2017. Posted in Berita

MONITORING DAN EVALUASI IMPLEMENTASI MEDIASI  OLEH POKJA MEDIASI MARI DI PENGADILAN NEGERI STABAT

Stabat (20/11)

Senin, 20 Nopember 2017, Pengadilan Negeri Stabat mendapat kunjungan dari Tim Kelompok Kerja Alternatif Penyelesaian Sengketa/Mediasi Mahkamah Agung RI yang difasilitasi oleh SUSTAIN EU-UNDP. Tim Pokja terdiri dari Dr. Diah  Sulastri  Dewi, S.H. ,M.H., (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Tanjung Karang) dan Muhammad  Nur,  S.Ag. (Hakim Pengadilan Agama  Cilegon) didampingi oleh Sri Mamudji, S.H., M.LL. (Direktur Eksekutif  Indonesian Institute for Conflict Transformation) yang dalam hal ini bertindak sebagai peneliti serta Sano,  S.H.  (Staf  Kamar  Pembinaan  Mahkamah  Agung  RI). Turut hadir pula anggota SUSTAIN EU-UNDP untuk memfasilitasi kegiatan Tim Pokja Alternatif Penyelesaian Sengketa/Mediasi Mahkamah Agung RI di Pengadilan Negeri Stabat.

Lahirnya tim Pokja Alternatif Penyelesaian Sengketa/Mediasi dilatarbelakangi oleh terbitnya Peraturan  Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016  tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan sebagai upaya untuk meningkatkan keberhasilan penyelesaian sengketa secara  damai di pengadilan dan meningkatkan akses masyarakat terhadap keadilan serta menjamin proses peradilan yang sederhana, cepat dan  biaya murah.

Kelompok Kerja Alternatif Penyelesaian Sengketa/Mediasi Mahkamah Agung dengan didukung  oleh  SUSTAIN EU-UNDP telah mengembangkan instrumen untuk melakukan penilaian (assessment) secara resmi  pelaksanaan mediasi di pengadilan dan modul pemantauan (monitoring) serta evaluasi untuk  menganalisis secara komprehensif peluang dan tantangan  yang dihadapi oleh  pranata  mediasi di  pengadilan.  Hal  ini  akan menjadi dasar pengambilan kebijakan Mahkamah Agung yang tepat di masa depan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Tim Monev yang terdiri atas Kelompok Kerja Alternatif Penyelesaian   Sengketa/Mediasi Mahkamah Agung RI dengan didukung oleh SUSTAIN EU-UNDP akan melaksanakan   kegiatan pemantauan (monitoring) dan evaluasi (Monev) di beberapa pengadilan negeri dan  agama percontohan  mediasi, yang diselenggarakan pada bulan Oktober s.d. Desember  2017 dan Pengadilan Negeri Stabat termasuk salah satunya. Kegiatan Monev ini bertujuan untuk memperoleh potret realitas pelaksanaan mediasi di Pengadilan.

Dalam kegiatan monev tersebut, Tim Pokja Alternatif Penyelesaian Sengketa/Mediasi Mahkamah Agung RI melaksanakan monitoring terhadap komponen tertib administrasi mediasi untuk mengetahui apakah tertib administrasi mediasi Pengadilan Negeri Stabat sudah sesuai dengan SK KMA Nomor 108/KMA/SK/VI/2016 tentang Tata Kelola Mediasi di Pengadilan. Mereka juga meninjau data perkara mediasi untuk periode Agustus  2016 - Agustus 2017 dan data personil mediator (hakim dan non-hakim), sarana dan prasarana, kebijakan Ketua Pengadilan Negeri Stabat dan SIPP Mediasi.

Dan untuk mendukung kegiatan monev, Tim Pokja Alternatif Penyelesaian Sengketa/Mediasi Mahkamah Agung RI mewawancarai pihak-pihak yang ditunjuk, yaitu Ketua Pengadilan Negeri Stabat, Hakim yang sudang pernah melaksanakan mediasi dan berhasil, Hakim Non-Mediator, Panitera, Sekretaris, pelaksana tugas Panmud Perdata dan Petugas Administrasi Mediasi.

 

Dari serangkaian kegiatan monev implementasi mediasi di Pengadilan Negeri Stabat, Tim Pokja Alternatif Penyelesaian Sengketa/Mediasi Mahkamah Agung RI akan melaksanakan pemaparan serta diskusi hasil Monev pada hari Selasa, 21 November 2017. Pengadilan Negeri Stabat diminta untuk menyiapkan ruangan dan menunjuk pihak-pihak yang akan menghadiri pemaparan tersebut. 

 

MAJU, SUKSES, BERMUTU