Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Stabat

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Stabat

Hakim Agung Resmikan Bantuan Fasilitas Pengadilan Anak di Pengadilan Negeri Stabat

on Selasa, 31 Mei 2016. Posted in Berita

Hakim Agung Resmikan Bantuan Fasilitas Pengadilan Anak di Pengadilan Negeri Stabat

Stabat (31/5)

Pengadilan Negeri Stabat telah resmi ditetapkan sebagai pengadilan anak percontohan di Sumatera Utara. Hal tersebut ditandai dengan terselenggaranya acara peresmian pemberian fasilitas pengadilan anak di Pengadilan Negeri Stabat oleh SUSTAIN EU-UNDP bekerja sama dengan Mahkamah Agung RI pada hari Selasa, 31 Mei 2016.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Hakim Agung Ibu Sri Murwahyuni, SH.MH., yang juga merupakan Ketua Tim Pokja Perempuan dan Anak Mahkamah Agung RI beserta anggota Ibu Hj. Diah Sulastri Dewi, SH.MH., rombongan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Mahkamah Agung RI Ibu Partini,SH, rombongan Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Utara Bapak Dr.Cicut Sutiarso, SH.MH, Bupati  diwakili Sekda Kab. Langkat  Bapak dr.Indra Salahuddin, para Forkopimda Langkat, Ketua PN Stabat Bapak Saidin Bagariang,SH beserta hakim dan panitera, para KPN se-wilayah hukum Sumatera Utara, Kajari Stabat Bapak A.Ridwan, SH.MH., beserta Kasi Pidum Bapak Ilham Wahyudi SH, Ketua Pengadilan Agama Stabat dan Kapolres Langkat.

Dalam peresmian tersebut, Hakim Mahkamah Agung Sri Murwahyuni SH MH mengatakan angka kejahatan seperti pencurian oleh anak di Indonesia setiap tahun berjumlah lebih 4000 anak. Sembilan dari 10 anak akhirnya menginap di hotel prodeo (penjara atau Rutan).  Umumnya anak tersebut tidak memperoleh dukungan berupa advokat atau dari pemerintah yakni Dinas Sosial. Dari cacatan statistik Polri  Tahun 2000 terdapat 11.344 anak menjadi tersangka pelaku tindak pidana. Januari hingga Mei 2002 ditemukan 4325 tahanan anak di Rutan atau LP di tanah air. Ironisnya sebahagian besar   atau 84, 2 persennya  anak anak  tersebut ditempatkan pada tahanan atau penjara orang dewasa.

Bantuan fasilitas dari  EU- UNDP  (SUSTAIN) bekerjasama dengan  Mahkamah Agung menghunjuk  5 pengadilan percontohan di Indonesia yakni PN Kupang, Manado, Cibinong dan Semarang dan Pengadilan Negeri Stabat.

Ditambahkan Hakim Agung Sri Murwahyuni, seiring UU No 11 Tahun 2012 tentang Sistem  Peradilan Pidana Anak (SPPA)  yang berlaku sejak  Juli 2014 lalu,  MARI  telah membentuk Kelompok Kerja Perempuan dan Anak  tahun 2015, sesuai amanat  Pasal 53 ayat 1 dan 2  UU SPPA  bahwa anak disidangkan dalam ruang sidang khusus anak dan ruang tunggu yang dipisahkan dari orang dewasa. MA berkehendak agar semua PN di Indonesia dapat menerapkan kebijakan itu, sebut Sri Murwahyuni lagi.

Bupati Langkat diwakili Sekda Kab. Langkat Bapak  dr. Indra Salahuddin  menyampaikan terimakasih kepada Mahkamah Agung yang telah menghunjuk PN Stabat  sebagai salah satu pengadilan atau percontohan di Indonesia dan hal ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Langkat dan semoga PN Stabat  menjadi pengadilan terbaik natinya, sebutnya.

Sedangkan Ketua PN Stabat Saidin Bagariang SH  mengatakan PN Stabat menyatakan terimakasih atas kepedulian pimpinan MA dan  lembaga yang peduli dengan, masalah anak dan perempuan melalui UE UNDP, dimana PN Stabat menjadi pengadilan percontohan bersama 5 PN lainnya di Indonesia.

Sementara  itu dalam rangka advokasi UU NO 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) Terpadu di PN Stabat, EU -UNDP  (SUSTAIN) dalam rangka mendukung pembaruan peradilan juga menggelar sosialisasi dengan  pemangku kepentingan yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Pemkab Langkat pada 31 Mei - 1 Juni 2016. Untuk sesi Pertama agenda  Gambaran Umum Sistem  Peradilan Pidana Anak  menghadirkan  narasumber Prof  Dr Harkristuti Harkrisnowo SH, MA dan moderator Djoko Setiono dari Dirjen Pemasyarakatan  Kemenhumham RI serta sesi kedua Urgensi Jejaring Dalam Implementasi Sistem Peradilan Pidana Anak dengan narasumber  Apong  Herlina, SH  dan moderator Hj Diah Sulastri Dewi, SH, MH Wakil Ketua PN Bale Bandung.

[Tim IT PN-Stabat]

MAJU, SUKSES, BERMUTU